Payung



Sebulan terakhir, Tim INSPIRASI TANPA BATAS (INSPIRIT) terlibat dalam desain, perencanaan, mobilisasi dan pelaksanaan puncak acara Hari Anak Nasional 2016.  Desain awal acara ini untuk merespon tawaran Kementerian Pembedayaan Perempuan dan Anak untuk menyelenggarakan acara Hari Anak Nasional yang berbeda dibandingkan perayaan sebelumnya.
Selama ini Hari Anak Nasional selalu dirayakan di Istana Negara baik di Jakarta maupun Bogor.  Sesuai permintaan Presiden Jokowi, acara perayaan Hari Anak Nasional dilakukan di luar Istana.  Kota Mataram menjadi kota pertama menjadi tuan rumah Perayaan Puncak Hari Anak Nasional 2016.
Kami menawarkan konsep "Blusukan di Kampung Impian Anak".  Ketika presentasi di depan Wakil Walikota Mataram sebulan sebelum acara, Mereka merespon dengan suka cita.  Acaranya lebih sederhana, merakyat dan informal.  Itu yang memang diharapkan.  Konsep ini berangkat dari kebiasaan blusukan presiden dan ingin menjadikan Hari Anak Nasional menjadi hari istimewa bagi anak-anak.
Pada prosesnya, setelah dipotong liburan Idul Fitri, praktis kami hanya bekerja kurang dari 10 hari untuk membereskan acara dan venue Hari Anak Nasional di Taman Sangkareang, Mataram.
Kami menurunkan tim penuh mulai dari artis, koreografer, pencipta lagu, desainer, pengrajin bambu dan sebagainya.  
Pada hari kedua, Idul Fitri, Tim Venue sudah bekerja.  Kami memperoleh partner kerja, Pak Djoko dan Bu Erna, dari LPA Mataram.  Luar biasa cara mereka bekerja mulai dari pengerahan anak-anak sampai memobilisasi relawan.   Boleh jadi kami kerja 24 jam setiap hari.
Pada akhir-akhir proses sempat terjadi drama karena ketidakjelasan apakah Jokowi hadir atau digantikan Puan.   Kehadiran presiden atau menteri mempengaruhi semua tatanan konsep terutama berkenaan dengan protokol dan keamanan presiden.
Toh. Akhirnya setelah disesuaikan dengan kebutuhan pengamanan presiden, otomati mengubah desain awal, Jokowi tetap tidak hadir.  Terus terang, sangat mengecewakan semua teman-teman di lapangan.
Pengalaman ini memberikan banyak pelajaran dan penghargaan pada tim kami.  Semua gagasan bisa dilakukan bila kita memang ingin mewujudkan.   Sebuah pengalaman yang menakjubkan.  Terima kasih untuk semua anggota tim yang telah membuat acara Hari Anak Nasional 2016 sukses dan berbeda.

Comments

Popular Posts